Pages

Friday, March 9, 2012

Menyontek

Memang susah ngilangin kebiasaan yg sudah turun temurun di sekolah. Aku yakin semua murid sekolah di Indonesia pernah melakukannya. Yaitu kebiasaan menyontek. Meyontek, banyak sekali jenisnya. Dari yg kecil2an, smpe ke yg nekat. Contohnya: nanya'' ke temennya, kadang pake kode/simbol2 gak jelas, ada jga yg gak pake nanya tpi lngsung lirik sana sini, atau mmbuat contekan sndiri dari kertas trus dselipkan di tempat yg aman. Trus ada juga menyontek masal, kayak tuker2an lembar jawaban, atau dg menulis rumus2 tertentu di papan tulis (kalo gurunya nggak tau, selamatlah kalian, tappii kalo tau, beeh, bisa diceramahi abis2an nanti.. Haha). Semua jenis contek2an diatas, trgantung pada sberapa pintar kita mmilih waktu yg pas buat nyontek, dan sberapa teliti dan ganas gurunya (kyaknya sudah berpengalaman nih :p) eh walaupun aku tau, aku (insyaAllah seingat saya) selama ini cuma melancarkan 1 jenis aksi menyontek (kalo kpepet gak tau), paling aku nanya lngsung sma temenku (aku rasa jenis menyontek ini 'agak' jujur timbang yg lain. Haha).
Nah, ada baiknya aksi2 semacam ini dikurangi, kalo bisa hilang, ya dihilangkan saja. Toh, menyontek itu sbenarnya mmbuat kita senang didepan, merana dibelakang. kok gitu? Iya, kita senang cuz dg menyontek kita bisa dapet nilai bgus (walaupun tdak dg krja keras sndiri), tpi nanti akan kesulitan pas udah di perguruan tinggi, jgankan udah masuk, baru mau masuk PTN saja (tes), udah susah, cuz gak ada yg mau nyonteki.
Tpi, aku punya sdikit tips gimana bisa ngurangin keinginan utk menyontek. Hhm, walaupun gak trlalu ribet, paling nggak, bisa untuk melatih kejujuran sejak dini. Berikut tips dari saya

  1. Belajar jangan dikebut hnya semalam alias SKS (sistem kebut semalam). Belajar itu harus brtahap. Karena kmampuan otak kita trbatas, kalo mnrima dan menyimpan suatu memori itu harus sdikit demi sdikit. Jadi, kita harus belajar dari awal. Kita mndengarkan apa yg diterangkan guru (kalo bisa ya dicatet), memahami materi nya, kalo mau ulangan, fokuskan pada materi yg mnjadi kisi'' soal dari gurumu (kan biasanya dikasih kisi'' bab berapa aja yg keluar di ulangan). nah, dengan begitu, kalian akan lncar mengerjakan soal tnpa harus menyontek.
  2. Yakinlah kalo kamu pasti bisa. Pede aja dg jawabanmu.
  3. Kalo masih bernafsu pengen nyontek, ingatlah, Allah tahu, disisi kanan kirimu jga ada malaikat, dan inget dg ortu kita yg dirumah slalu brdoa untuk kita agar dapet nilai yg bagus, tpi harapan mereka nilai bagus itu bukan hasil mnyontek, tpi hasil krja keras kita sndiri. Bayangkan jika mereka tau bhwa kita dpet nilai bagus krena hasil mnyontek. Pasti mrka akan kcewa berat. Tpi jika kita jujur apa adanya, semampu kita, dan ortu kita tau itu, kita pasti dapet 2x4 jempol tgan dan kaki deh.. Haha
  4. tpi, kalo sudah mepet meffeeet sekali sampe ke tembok, sudah mentok nih fikiran, sudah surem angan2nya, yaa apa boleh buat, kita tanya sma temen. Tpi jangan kseringan, jgn mengandalkan temen sja. Kita jga harus prhitungkan matang2. Dan sdikit demi sdikit dikurangi intensitas menyonteknya.
  5. Selalu bersyukur dg nilai yg tlah didapat. Walaupun kadang gak memuaskan.
  6. Jangan merasa dirugikan gra'' tidak mnyontek. Berpikirlah bahwa ini yg terbaik buat kita. Walaupun kalo dpikir, ini memang agak tidak adil bagi kita. Tpi ini jga utk kebaikan kita sndiri dihari esok. Allah maha adil kok. Tenang aja. :)
  7. cobalah kamu utk menyontohkan perilaku tidak menyontek pda temanmu. Jika temanmu nanya, skali-kali djawab ya boleh. Tpi kalo temen keseringan nanya, ya gak usah djawab. Emang kita siapa? ditanyain jawaban mulu. Haha. Selain itu, kamu jga harus membuatnya sungkan utk mnyontek, dg cara, kalo dia nanya, kamu jgn balik nanya. Lama2 kalo dia ngrasa, pasti sungkan sendiri dan nggak enak hati utk menyontek.
Dan perlu kita ingat, kamu pengen korupsi di Indonesia brkurang, yakan? korupsi itu perilaku yg dikarenakan ketidakjujuran sseorang, dalam hal ini soal keuangan. Nah, kalo sejak dini kita dididik, dan jga melatih diri agar bertindak jujur, pasti korupsi di Indonesia akan berkurang. Jadi, ganbatte! Kamu bisa kok nglakuin itu, secara bertahap dulu pastinya. Semangat ya. Semangka. Keep spirit! :D

*nb: kalo punya saran atau ide yg berhubungan dg posting ini, komen ya. barangkali bisa saya tambahkan saran anda. thanks :)

No comments:

Post a Comment

Drop a comment here :)