Pages

Friday, March 9, 2012

Aku milih ini, dan itu takdir :)

Before I pass the National Examination or UN, aku udah dftarin diri ke berbagai sekolah (wuih, koyoke uakeh :p), nggak nggak, nggak banyak kok, cuma 3 skolah doank. My school destination are: 1. SMA Taruna Nusantara, 2. SMA 2 Madiun, and the last is: SMA 1 Geger, nggak jauh dari rumahku. Hehe

Pertama aku mendaftar (lebih tepatnya didaftarkan ortuku) untuk sekolah di SMA TN. Belongs to my parents, ktanya sih kalo sekolah di sana tu selain membuat mandiri, nanti juga mudah utk meneruskan ke perguruan tinggi, khususnya yg berbau kemiliteran kayak jadi Angkatan/ tentara, polisi, dsb. kalo pendaftarnya dari SMA TN, dijamin langsung ‘bleng’ (b. jawa: langsung masuk. *e dibaca seperti semangka).
Yaa, aku agak tertarik sih, dan memang I want to feel  how to live at the dorm, but but but, I also haven’t ready to leave my parents alias sek ‘mbok-mboken’ haha :p tpi kata bapak ibuku, it's better if I try this before, kalo ketrima, aku bisa milih mau sekolah dimana. (tpi sebenarnya sih, kalopun aku boleh milih yg mana, tpi aku akan merasa gak enak hati kalo nggak milih skolah disitu, cuz apagunanya coba bapak sma ibuku susah2 dftarin aku ke situ, trus pas aku dtrima trnyta aku malah mlengos, dengan kata lain secara tidak langsung aku ngerasa dipaksa.. :p) but, gapapalah, tak bikin santai wae, toh yang diarahkan ortu tu pasti yang terbaik buat anaknya, yakan?
Trus, pda tgl brapa dan bulan apa gitu aku jga udah lupa, aku bener2 dftar. Tesnya trnyta di Malang, di kodim. Sebelumnya, anak2 Madiun yg mau ikut tes, disuruh kumpul di Kodim Madiun untuk pengarahan. Habis itu pas hari sabtu/minggu nya tu, aku dan ortuku berangkat ke Malang naik mobil sendiri (kalo naik mobil sendiri kan bsa tiduran n bisa jalan2 sndiri juga). Jam 3 pagi kita berangkat, sampai sana tu skitar jam 7 lebih, hampir telat cuz kumpulnya tu jam setangah 8.
Kita disna selama 2 hari, hari pertama tu cuma pengarahan utk besok tes tulis. Pas nunggu pengarahan tu luama banget. Aku sbenarnya udah diajak makan sma bapakku, tpi tak pikir cuma sebentar, trnyata lamanyoo minta ampun. Aku ngempet laper n sempet boring + garing jga. Cuz gak ada temen yg kukenal akrab. Trus pas mulai pngarahan, baru aku kenalan sma anak2 dari Madiun dan skitarnya, kyak anak dari SMP 1, 2, dan 4 Madiun, SMP 1 Ponorogo, dll.
habis pengarahan, aku smpet pusing gara2 laper. Habis makan dan dapet hotel, lngsung deh aku check in, mandi, trus tidoorr.. aku nggak persiapan sama sekali untuk tes besok, pokokya aku ngerjain sebisaku, materinya seingatku, kalo nggak ingat yaudah, keluarlah aji2 trakhir yaitu: pengawuran. wes pokokno pasrah, nek gak ketrimo yowes, pikirku.
Soal2nya ya ada yg sulit, ada yg mudah (tpi kebanyakan banyak yg sulit sih..) yg bagiku nggak sulit-sulit bgt tu biologi tok, tok tok thil. Bahasa Indonesia nya pun, jga sulit, btuh analisa tinggi. Tpi, opo tak piker nhe, aku lo santae. Tesnya tu dbagi 2 sesi, sesi pertma tes matmatika+b. Indo, sesi kdua: b. Inggris+IPA.
Lega tu pas udah selesai, pengen cepet2 pulang mlepas penat. Habis tes, lngsung balik ke hotel, chek out deh. Alhamdulillah, udah slesai, lost one challenge, yey.
Beberapa minggu kemudian, ada pngumuman lewat telpon, kalo aku dtrima. then my father say congratulation for me. Aku senang, tpi jga agak gak yakin, trus i tried to watch the announcement in web. Infact, i'm really received in writing test. Alhamdulillah. Trus bbrpa minggu kmudian, aku dsuruh ke Malang lagi utk ikut tes ksehatan n psikologi. Itu dilaksanakan slama 4 hari, singkatnya sja ya, hari prtama tu pngrahan, hri kedua, gak ada acara apa2 cuz buat prepare sgala ssuatu utk tes psikologi n ksehtan. Hari ketiga: tes psikologi, tes IQ, etc. yuh, habis tes itu ya, aku kyak orang gila, pokoknya serba pgn marah2, badmood. Nggak tau knapa. Malamnya stres mikir besok tes kesehatan. Tpi, pas tidur, sudah agak rileks sedikit.
Bsoknya atau hari trakhir, tes yg paling gak aku suka yaitu tes kesehatan. Semua bagian tubuh di check (nggak usah aku sbutin one by one ya, buanyak bgtt). Saking bnyaknya, slesainya smpe sore, trus abis itu, gnti bju n tes kepribadian yg soalnya jga bnyak mnta ampyyuun. Haassh.. Panas+pusing otakku. Tpi alhamdulillah, selesai, dan akhirnya pulang.. Yey :D
stelah skian lamaaaa nunggu pngumuman, trus bbrapa minggu kmudian, diumumin lwat website, daann, aku sgera nulis dblog pribadiku:

yahh, bgitulah hidup, dulunya indah, akhirnya sedih, bgitu jga sbaliknya. Dsyukuri aja deh, pasti ada hikmahnya, mungkin SMA TN bkan skolah yg trbaik buatku. Dan memang kalo jalanin sesuatu setengah2, dapetnya jga stengah2. Kayak aku.. Hehe. Tpi gak perlu mnyesal toh akhirnya jga gk bisa balik. apa yg udah trjadi, buat pengalaman aja biar lbih baik nnti dan esok.

SMA 10 Malang
oh iya, aku lupa, aku dan temen2ku juga pernah coba daftar ke SMA 10 Malang karena disitu ada beasiswa Sampoerna Foundation (khususnya utk anak yg pintar, tpi kurang begitu mampu). kita sudah ngisi formulir, nyerahin berkas2 berupa fotokopi KK, KTP ortu, smpe rekening listrik juga. Trus ngerjain tulisan yg isinya about my self dan jumlah kata kurang lebih 500-an dan akhirnya dikirim. Tapii, unfortunately, kita semua gak diterima. yah, padahal ada salah seorang temenku ada yg pngen bgt sekolah disitu. tpi gak papalah. bukan jodohnya sekolah disitu.

Skarang, cerita ttg pndftaran di SMA 2 Madiun and SMA 1 Geger.
Pada tgl berapa gitu (pokoknya sebelum UN) aku dan temen2ku coba dftar di SMA 2, nah kita bingung, ngambil formulir dimna cuz di skolah gak dsediain formulirnya, suruh cari sndiri. Akhirnya, dg nekat brbekal cuma uang bbrapa rupiah, kita naik bus sndirian ke SMA 2. Untung sbelumnya udah dkasih tau sma gruku SMP (yg baik hati, sabar, dan cantik, bu Rini wali kelas kita, miss you so much!) jalan mnju kesana kalo naik bus. Jadi gak trlalu bingung. sampe di depan kantor pos jln pahlawan, kita turun dan mlnjutkan prjalanan ke jalan biliton on foot. Tpi, stengah prjalanan yg lmayan jauh, kita mngurungkan niat buat ambil. Yaudah, kita balik lgi ke jln pahlawan dan nyegat bus. Sia sia deh aksi nekatnya.. Haha
trus akhirnya, aku fotokopi frmulirnya temen, dftar bareng2, dan tes pun jg berangkat bareng2.. Tesnya tu 2 hari, yaitu tes tulis meliputi matematika, b. Indo, b. Inggris, IPA, IPS, dll. Dan, stelah nunggu bbrpa hari, akhirnya pngumuman muncul di web. Alhamdulillah, kita ketrima semua (bareng2 lagi). Haha
trus, persiapan buat tes PMDK SMA Geger. Karena masih ragu dg sekolah di kota, akhirnya kita semua jga dftar ke SMA Geger. pada tgl brapa gitu, kita mnjalani tes tulis. Soalnya lumayan menguras pikiran, dan kalo salah tu di minus. Waduh, kalo begini, aku jdi dilema. Tpi alhamdulillah, yg nggak kujawab cuma sdikit.
beberapa hari berlalu, pngumumannya sudah ada di web, aku langsung liat dan alhamdulillaaah, aku dan teman2ku banyak yg ketrima dg peringkat baik2. Bangga jadi murid SMPN 1 Geger. Haha :p
yaudah, 2 skolah udah nyantol, tinggal yg SMA 2 tu nunggu pngumuman perwali dan danem, cuz slain tes jga pke danem. Tpi ternyata, di perwali tu, yg boleh mnerima murid luarkota tu cuma SMA 3. Tpi, aku tetep milih SMA 2 as the first choice, then SMA 3 as the second choice (maap ya hehe), dan the third choice is SMA 1 (agak gak yakin sih, tpi timbang gk diisi.) haha
seblum mendftarkan nilai ke SMA 2, aku sma bapakku nggak dftar ulang di SMA Geger, tpi kata bapkku, untuk prsiapan kalo gak dtrima di SMA 2, aku dftar lgi di SMA Geger pake jalur danem.
Dan, setelah mnunggu bbrapa hari, pngmumuman pun muncul. Alhamdulillah aku dtrima, tpi gak masuk di SMA 2, but i'm received in my 2nd choice: SMA 3. Aku smpat bimbang, sangsi, dll saat itu. Trus akhirnya, my father ask me aku mau milih yg mana. My sista yg mmbuat aku trtantang, she say: ya milih SMA 3 donk (paling ben ndue pngalaman baru, kan pngalamannya dia cuma di Geger aja, bayangkan, SD smpe SMA msti skolahnya di Geger. Haha) nah trus yaudah, kutetapkan pilihanku, kuikhlaskan utk loss my dream school, ku cari motivasi, bla bla bla. And Alhamdulillah, now i'm comfortable here :)
karena lumayan agak jauh dri rumah, skitar 15 km, aku akhirnya nge-kos, with my roommate: Syifa :p haha
yah, sekian untuk posting ku kali ini. I'm sorry if it's too long for you to read, but i hope you feel what i feel when you read it. Okay. Thanks for you to visit my blog. :D

1 comment:

Drop a comment here :)