Pages

Wednesday, December 8, 2010

Hal aneh dalam windows

1. Jika kita sering membuat folder dengan nama nama unik, cobalah membuat folder dengan nama "CON" (tanpa petik) saya yakin tidak akan ada yang bisa membuatnya dengan nama tersebut, namun disini kita akan belajar cara untuk membuatnya hahaha. Dulu pada saat windows XP dirilis ada orang india yang membuat nama folder dengan nama "CON" dia sangat bingung karena selalu gagal, dia pikir komputernya terkena serangan virus, ternyata setelah dicoba di beberapa komputer hasilnya sama saja, bahkan di OS Linux-pun tidak bisa membuat folder dengan nama "CON" berikut adalah penjelasan dari Microsoft yang diberikan oleh seorang ahli IT di German

Penjelasan :
Di Windows Nama folder dan Special System Variables berbagi dengan tampilan yang sama, karena itulah ketika anda membuat folder dengan nama System Variable akan dianggap folder tersebut sudah ada.
Karena itulah anda juga tidak bisa menamai folder anda dengan
CON, NUL, COM1, COM2, COM3, LPT1, LPT2, LPT3, COM1 hingga COM9 dan LPT1 hingga LPT9….

CON berarti console
COM1 berarti serial port 1
LPT1 berarti parallel port 1
Ini jg berlaku di Linux, dimana hardware resource direpresentasikan layaknya suatu file. Misalnya: /dev/tty, /dev/null dsb. Tapi kita tetep bisa kok bikin folder CON, caranya:


- Buka command prompt
- Ketik “mkdir \\.\c:\con”
- Akses direktori “dir \\.\c:\con”
- Hapus direktori “rmdir \\.\c:\con”


Jika benar maka kita dapat membuat folder "CON".. silahkan dicoba !!

2. Jika anda orang yang rajin mengetik di notepad, silahkan dicoba mengetik kata "bush hid the facts" setelah itu di save dengan nama bebas. jika sudah coba dibuka kembali dan lihat apa yang terjadi. Hasilnya tulisan akan berubah menjadi UTF atau sebuah code decoding, tidak hanya itu saja bahkan jika kita mengetik kata "this api can break", "jane can not dance", "aaaa aaa aaa aaaaa" hasilnya akan sama, mengapa ?


Penjelasan : 
di windows setiap pengetikan pasti ada pengecekan kata atau kalimat yang biasanya hanya dapat dilihat di MS Word. Karena di MS Word terlihat berupa garis bawah yang berbentuk gelombang, namun di notepad tidak seperti itu, Pengecekan kata tidak terlihat dalam arti setelah di save barulah notepad melakukan pengecekan kata, setelah diamati baik baik semua kalimat diatas berupa Code Decoding berpola, 4-3-3-5 yang dalam artian mengandung pemecahan code.

3. Jika anda sedang iseng iseng membuat makalah di MS Word tidak ada salahnya mencoba mengetikan kata ini didalam MS Word "=rand (200, 99)" Hmm,, apa yang terjadi ??? ya, memang ini salah satu keanehan MS Word.. Sampai sekarang saya belum tahu mengapa bisa seperti. Baiklah saya akan mencari tahu dulu ya.. silahkan dicoba semuanya

source: http://yasiranak252.blogspot.com/2010/03/beberapa-hal-aneh-di-windows.html 

No comments:

Post a Comment

Drop a comment here :)